Jalur Trek Offroad Garut Gunung Papandayan

loading...
Salah satu jalur atau trek Offroad Garut adalah Gunung Papandayan.Wisata Off Road ke Kawah Gunung Papandayan Garut. Beberapa jenis Land Rover bisa diisi 5-7 orang wisatawan. 


Info lengkap bisa anda hubungi kontak di bawah ini:



Untuk yang menyukai olahraga unik saat menginap di kota Garut bisa mencoba Paket Offroad Garut dengan berbagai tujuan dan lokasi Off Road di Garut yang mempunyai jalur serta trek yang menarik dilengkapi pemandangan indah yang memanjakan mata. 

Letaknya di Kabupaten Garut kecamatan Cisurupan, gak jauh dari Kota Garut sendiri. Fasilitas wisatanya sudah cukup memadai, akses aspal dari Garut, lapangan parkir yang luas, warung-warung, tangga, serta toilet semuanya lengkap !

Selain terkenal dengan keindahan struktur alamnya, gunung ini juga memiliki kawah belerang yang masih aktif dan masih rimbunnya padang Eidelweis yang luasnya mencapai puluhan are serta banyak pula pohon Mutiara Putih. Gunung Papandayan merupakan cagar alam yang didalamnya banyak terdapat keanekaragaman hayati dan obyek-obyek wisata alam yang indah.

Gunung Papandayan mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Pemandangannya pun luar biasa unik, udara yang sejuk, langit yang cerah saat musim kemarau, landscape yang sangat memukau, fotografer sih pasti seneng pergi ke papandayan. Selain itu kita bisa juga melihat bunga Edelweiss, hutan mati yang unik, sungai dengan air yang sangat jernih, dan bahkan kita bisa berjalan langsung di kawah Gunung yang memiliki tinggi 2000m ini.

Untuk mencapai Kawah Gunung Papandayan sangat amat mudah, bahkan banyak anak-anak pun sanggup berjalan kaki dari Lapangan Parkir sampai Lokasi Kebun Edelweiss di Tegal Alun. Jaraknya dari lapangan parkir Camp David tidak terlalu jauh, hanya beberapa Kilo meter saja, hanya saja medannya cukup menanjak, tapi tenang sudah tersedia tangga kok, jadi anak kecil pun bisa.

Nah, kalo yang membahas tentang keindahan Gunung Papandayan serta aksesnya sudah banyak bertebaran informasinya di internet. Tulisan kali ini saya bikin justru untuk menceritakan sisi alternatif lain menuju Gunung Papandayan melalui desa Kertasari yang terletak di selatan Kota Bandung. Jadi kita berangkat dari Bandung Selatan, ciparay, pacet, danau cisanti, perkebunan kertasari, lalu tembus di Kawah Gunung Papandayan. Asik bukan ????  Kalo yang suka adventure pastiii donk exciting banget dengernya.

Untuk merealisasikan ide tersebut, saya melakukan riset rute / track dari Bandung ke Papandayan. Caranya ?  Yaa zaman sekarang, Google Earth, Google Map, sangat amat membantu dalam hal bikin waypoint. Kurang lebih 2jam saya lakukan riset untuk membuat rute yang enak, bisa untuk lihat-lihat pemandangan, sekaligus ber-offroad ria, akhirnya jadi juga track nya, langsung saya download ke Smartphone saya, tujuannya jelas, dikala tidak ada sinyal internet, saya tidak akan kehilangan rute dan tidak akan kesasar di tengah hutan.

Dalam merancang track ke Gunung Papandayan, berdasarkan observasi dari Google Earth, hanya ada 1 akses jalur jalan setapak ke arah Kawah Papandayan dari Perkebunan Kertasari (Bandung Selatan). Oleh karena itu, sebaiknya memang pakai Motor Trail / Motor Cross, jangan pakai Matic ya hehe... Oh ya, jalur di perkebunan Kertasari luar biasa bercabang-cabang, perlu sedikit kejelian mencari jalur yang optimal saat melihat google earth. Juga kita bisa tau betapa luasnya Perkebunan Kertasari di Bandung Selatan ini, saya perkirakan luasnya mencapai hampir seluas Kota Bandung !

Berhiaskan gunung-gunung yang menghampar di setiap sudutnya menjadikan kota Garut memikat hati para pelancong untuk singgah. Kontur pegunungan yang eksotis dengan balutan tanah yang subur membuat Garut menjadi primadona wisata sejak zaman Belanda.

Tercatat dalam tahun 1910, Officieel Touristen Bureau, Weltevreden menyebut Garut sebagai Paradijs van het Oosten (surga dari timur). Di era tersebut berbagai fasilitas penunjang untuk memudahkan akses kunjungan dibangun seperti jalur kereta api yang menghubungkan Stasiun Cibatu dan Stasiun Cikajang. Keindahan alam dan keramahan penduduk lokal menjadikan Garut mendapatkan julukan Swiss van Java oleh Charlie Caplin dalam dua lawatannya pada tahun 1927 dan 1933. Bahkan Ratu Belanda, Wilhelmina-pun pernah mempunyai tempat peristirahat di kota ini.

Lanskap Pegunungan

Jajaran pegunungan yang mengepung kota Garut seperti Gunung Guntur, Cikuray dan Papandayan menjadikan bentang alam yang menawarkan adrenalin bagi pelacong untuk menjamahnya. Mendaki menjadi pilihan utama bagi para pelancong yang tidak ingin kehilangan setiap momen yang lewat. Menginjakkan kaki ke kaldera terluas di kawasan Asia Tenggara, 

Gunung Papandayan bisa menjadi pilihan liburan yang menantang bagi mereka yang rindu akan kebebasan dari rutinitas kantor maupun aktivitas pekerjaan. Semerbak bau belerang lngkap lanskap alamnya, Papandayan sungguh sayang kalau dilewatkan begitu saja dalam daftar liburan.

Gunung yang terletak 29 km dari Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Papandayan memiliki ketinggian 2.622 meter di atas permukaan laut. Gunung yang masih aktif ini terakhir meletus pada November tahun 2002. 

Kawasan wisata gunung Papandayan sangat cocok untuk para pendaki pemula, Selain tidak banyak membutuhkan persiapan yang lengkap seperti para pendaki profesional (pecinta alam). Kontur tanah Papandayan yang landai telah membentuk jalur pendakian yang aman sehingga memudahkan siapa pun untuk mendaki hingga mencapai bibir kawah. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai pendakian.

Paket 1 hari Petualangan Offroad Gunung Papandayan
minimal peserta 14 orang.

Fasilitas:

Makan Siang 1x
Snack dan coffee break 2x
Transportasi menggunakan Land Rover
Dokumentasi
Tiket Masuk
Pemandu

Jalur Trek Offroad Garut Gunung Papandayan Jalur Trek Offroad Garut Gunung Papandayan Reviewed by Situs Booking Hotel on August 06, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.