Oleh Oleh Khas Garut Batik Garutan

loading...


Setiap daerah di Indonesia memiliki kerajinan tangan yang disebut batik,begitu juga dengan Kota Garut Jawa Barat ini.Batik Garutan itulah namanya.Barang ini sering dijadikan Oleh Oleh Garut ,ketika seseorang berkunjung ke daerah ini.

Memang layak sekali jika benda ini menjadi Oleh Oleh Khas Garut Jawa Barat, bagi orang yang ingin memberikan buah tangan pada sahabat atau koleganya.

Berdasar pada harganya,Batik Tulis Garut Asli ini memang cukup tinggi juga,sehingga tak begitu banyak yang menjadikannya Oleh Oleh.

Batik Garut sudah berkembang sejak sebelum masa kemerdekaan Indonesia, 1945, secara turun-temurun. Namanya Batik Tulis Garutan.

Dulu, mengenakan batik itu terkesan kuno, dewasa tapi tidak modern. Sekarang beda. Sekarang pengrajin batik banyak inovasi motif dan warna sehingga matching dengan selera para remaja, bahkan para desainer pun berlomba-lomba menciptakan desain baju batik yang terkesan chic dan modern. Sekarang justru makin bangga mengenakannya karena rasa nasionalisme. Nah, salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil batik modernnya adalah Garut.

Batik Tulis Garutan memiliki ciri khas dominasi warnanya yang cerah, terang, dan beragam. Warna ini mengungkapkan kebahagiaan seperti warna gumading (putih gading), biru, merah, hijau, coklat kekuningan, ungu, merah muda (kayas), ungu muda (gandaria), dan kasumba.

Sebenarnya ada warna sogan (coklat), seperti pada batik di Solo atau Yogyakarta. Perbedaannya, warna sogannya coklat muda kekuningan, ciri khas yang kuat dari batik Garut.

Berbeda dengan batik Solo atau Yogyakarta yang syarat dengan makna filosofis, motif batik Garut lebih ditekankan pada segi visual.

Umumnya bentuk motif Batik Garutan merupakan cerminan dari kehidupan sosial budaya dan adat istiadat orang Sunda, khususnya di Garut, serta pola flora dan fauna.

Namun ada juga motif Batik ragam hias datar, bentuk-bentuk geometrik yang mengarah secara diagonal, seperti kawung atau belah ketupat.

Beberapa motif khas Garutan misalnya yang tergambar dalam motif Rereng Pacul, Rereng Peuteuy, Rereng Kembang Corong, Rereng Merak Ngibing, Cupat Manggu, Bilik, dan Sapu Jagat, yang masing-masing memiliki keunikannya sendiri.

Motif Batik Garutan yang paling khas dan sudah turun temurun adalah motif burung Merak Ngibing dan bulu ayam. Atau saat ini banyak motif domba Garut.

Motif Batik Garutan mendapat pengaruh dari motif batik Solo,Yogyakarta, Cirebon, Pekalongan, dan Cina, tetapi diolah sesuai dengan gaya dan selera orang Garut.

Salah satu pengrajin Batik Garutan yang cukup dikenal adalah Batik Garutan Rasya. Kelebihan belanja di tempat ini, pengunjung bisa melihat proses pembuatan batik tulis dan batik cap. Lokasinya di Jalan Otto Iskandardinata, Komplek PLN No.1, Tarogong, Garut.

Batik khas Garut adalah kerajinan batik tradisional yang memiliki motif unik, yaitu mengandung nilai falsafah hidup dan adat-istiadat suku Sunda.

Karena itulah Batik Garutan ini sangat pantas untuk dijadikan hadiah dan oelh oleh bagi kerabat dan sahabat anda.
Oleh Oleh Khas Garut Batik Garutan Oleh Oleh Khas Garut Batik Garutan Reviewed by Admin on June 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.