Tempat Wisata di Garut Hutan Mati Gunung Papandayan

loading...
Hutan Mati Gunung Papandayan adalah obyek wisata menaik yang terdapat di gunung Hutan Mati Gunung Papandayan Garut merupakan bagian tak terpisahkan dari Gunung Papandayan yang merupakan salah satu dari 10 Tempat Wisata di Garut yang menarik dan alami.Tempat Wisata di Garut yang bernama Hutan Mati Gunung Papandayan ini telah menjadi icon wisata alam pegunungan di kota ini.Website Tempat Wisata dan Hotel ingin berbagi info tentang Hutan Mati yang memiliki pesona tersendiri tersebut bagi  anda yang suka wisata alam pegunungan.

Papandayan Garut, gunung Papandayan ada di ketinggian 2665 mdpl, tempatnya tak jauh dari camping ground Pondok Saladah. Hutan Mati papandayan Garut populer lantaran keindahannya pemandangannya, yakni berdirinya pohon-pohon kayu yang telah mati terbakar disebabkan letusan gunung Papandayan.

Untuk dapat hingga di Hutan Mati gunung Papandayan, jalur pendakiannya tak terlampau susah. Bahkan juga dapat ditempuh oleh anak-anak, jadi gunung Papandayan Garut pas untuk pendaki pemula. Jalur pendakian menuju hutan mati melalui Kawah Papandayan yg tidak terlampau nanjak. Setelah itu sesudah melalui kawah ada dua jalur, jalur kiri adalah jalur pendek, tetapi cukup beresiko serta tak direferensikan lantaran tebingnya curam hingga meneror keselamatan pendaki. Jalur ke samping kanan jaraknya lumayan jauh, melalui hutan Cantigi, jalan berbatu serta cukup lebar. Jalur ini umum dipakai untuk meraih ruang camping Pondok Saladah. Jalur komplitnya dapat dipandang di artikel gunung Papandayan yang telah pernah dipublikasikan pada awal mulanya.

Berdasarkan sejarah hutan mati gunung Papandayan bermula dari letusan maha dahsyat gunung Papandayan yang telah terjadi ratusan tahun silam. Kira-kira terjadinya letusan tersebut pada tanggal 11 sampai 12 agustus 1772. Karena hasil letusan, hingga mengakibatkan area sekitar empat desa rata tanah. Selain itu ada 3.000 penduduk sekitar area gunung juga terkubur di danau vulkanik. Begitu halnya hewan peliharaan pun ikut terkena dampak letusan gunung. Bahkan karena hebatnya fenomena itu, seorang jurnalis luar negeri ikut mendeskripsikan kejadian itu ke dalam bukunya berjudul Natural Disaster.

Memang jika nampak sekilas dari keadaan hutan identik tempat angker nan menyeramkan. Namun setelah di lihat dari sudut pandangan berbeda, sejumlah ratusan pohon jenis cantigi berwarna hitam tumbuh tepat diatas material lumpur dari kawah gunung, sehingga menciptakan kesan eksotis menakjubkan. Lokasi wisata bersebelahan area camping ground dari Pondok Saladah, tepat di bawahnya terdapat kawah, airnya terus mengalir tidak pernah berhenti.

Ketika berada di kawasan wisata, aroma dari belerang sangat menyengat indra penciuman. Berjalan-jalan disekitar kawasan hutan memberikan sensasi tersendiri. Umumnya pengunjung mengabadikan setia momen ketika berada disini seperti berswafoto bersama teman-teman memanfaatkan pemandangan dead forest eksotis. Objek wisata Garut ini memiliki daya tarik disinggahi ketika sedang menuju puncak gunung Papandayan. Suasana seram disana pun seolah-olah berganti menjadi keindahan alam.

Wisata Hutan Mati Gunung Papandayan Garut ini berada di Karamat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dan kode pos 44163. Hanya saja lokasi wisata cukup jauh dari pusat kota Garut yakni jaraknya sekitar 69 Kilometer atau memerlukan waktu tempuh sekitar 3 jam setengah.
Tempat Wisata di Garut Hutan Mati Gunung Papandayan Tempat Wisata di Garut Hutan Mati Gunung Papandayan Reviewed by Situs Booking Hotel on April 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.