Tempat Wisata di Garut Gunung Papandayan

loading...







Kemana kita akan pergi wisata saat ini? Jika tujuan anda adalah salah satu Tempat Wisata di Garut, maka bisa memilih untuk berwisata alam ke Gunung Papandayan, yang merupakan gunung paling ternama di kota ini.Tempat Wisata Alam Gunung Papandayan merupakan salah satu dari 10 Tempat Wisata di Garut yang populer dan sering dijadikan tujuan utama para pelancong dari berbagai wilayah di Indonesia ini.

Memang tak bisa dipungkiri, Kota Garut memiliki banyak sekali objek dan wahana wisata alam yang menarik untuk kita datangi.Sebab keindahan alam di kota ini menyimpan potensi yang besar untuk berkembang lebih pesat lagi dalam dunia pariwisata tanah air.

Gunung Papandayan (Aksara Sunda Baku: ᮌᮥá®”ᮥᮀ ᮕᮕᮔ᮪ᮓᮚᮔ᮪) adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Topografi di dalam kawasan curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Menurut kalisifikasi Schmidt dan Ferguson termasuk type iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/thn, kelembaban udara 70 – 80 % dan temperatur 10 °C

Potensi flora di dalam kawasan gunung ini di antaranya Pohon Suagi (Vaccinium valium), Edelweis (Anaphalis javanica), Puspa (Schima walichii), Saninten (Castanea argentea), Pasang (Quercus platycorpa), Kihujan (Engelhardia spicata), Jamuju (Podocarpus imbricatus ), dan Manglid (Magnolia sp ). Sedangkan potensi fauna kawasan di antaranya Babi Hutan ( Sus vitatus ), Trenggiling (Manis javanicus), Kijang (Muntiacus muntjak), Lutung (Trachypitecus auratus ) serta beberapa jenis burung antara lain Walik (Treron griccipilla ), dan Kutilang ( Pycononotus aurigaste )

Daya tarik Wisata Beberapa lokasi yang menarik dan sering dikunjungi wisatawan di antaranya: • Kawah Papandayan Merupakan komplek gunung berapi yang masih aktif seluas 10 Ha. Pada komplek kawah terdapat lubang-lubang magma yang besar maupun kecil, dari lubang-lubang tersebut keluar asap/uap air hingga menimbulkan berbagai macam suara yang unik. •

Blok Pondok Saladah Merupakan areal padang rumput seluas 8 Ha, dengan ketinggian 2.288 meter di atas permukaan laut. Di daerah ini mengalir sungai Cisaladah yang airnya mengalir sepanjang tahun.

Lokasi ini sangat cocok untuk tempat berkemah. • Blok Sumber Air Panas Letaknya di perbatasan Blok Cigenah, sumber air panas ini mengandung belerang dan berhasiat dalam penyembuhan penyakit kulit terutama gatal-gatal. Secara keseluruhan kawasan ini memiliki panorama alam yang indah dengan lingkungan yang relatif masih utuh dan alami yang ditunjang dengan kesejukan udara. 

Kegiatan Wisata Alam yang dapat dilakukan : 1. Menikmati keindahan dan keunikan alam 2. Lintas alam 3. Berkemah 4. Memotret 5. Mandi air yang mengandung belerang, untuk pengobatan penyakit kulit. Selain itu Tempat Wisata di Garut Gunung Papandayan sangat mudah dicapai dan didaki oleh para pendaki pemula sekalipun, karena jarak dari Terminal terakhir kendaraan bermotor ke Kawah Papandayan, Pondok Saladah, Tegal Alun ataupun ke Hutan Mati tidak terlalu jauh.

Akan tetapi apa yang kita dapatkan setelah sampai di Puncak Gunung Papandayan hampir sepadan dengan usaha dan effort kita menghabiskan biaya dan tenaga untuk mencapat Tempat Wisata di Garut ini. Untuk lebih memudahkan informasi dan demi keamanan dan kenyamanan anda, terutama untuk para Pendaki Pemula yang belum pernah ke Gunung Papandayan kami sarankan untuk menghubungi salah satu Pemandu Wisata terbaik dan berpengalaman di Garut.
Tempat Wisata di Garut Gunung Papandayan Tempat Wisata di Garut Gunung Papandayan Reviewed by Situs Booking Hotel on April 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.