Makanan Khas Garut Sambal Cibiuk

loading...

Banyak sekali orang yang ingin tahu tentang Makanan Khas Garut. Yang mana ketika mereka datang ke kota ini,ingin merasakan dan tahu ras unik yang dimiliki sebuah makanan khas.Yang pada gilirannya bisa dibawa ke tempat mereka berasal sebagai Oleh Oleh bagi teman dan keluarganya.

Macam2 makanan yang dianggap unik dan khas di Kota Intan, tentu saja menjadi buruan para tamu dan turis yang datang ke kota ini  untuk berkunjung ke areal dan objek wisata yang ada di garut dan sekitarnya.

Salah satu Makanan Khas Garut yang namanya menjulang tinggi dan terkenal di seluruh Nusantara ini adalah Sambal Cibiuk.Yang bisa kita jadikan sebagai salah satu Oleh Oleh Garut yang pantas dan pas dicari dan dibeli.

Makanan khas Garut Jawa Barat berikut ini banyak dibuat oleh masyarakat yang tinggal di daerah Cibiuk. Konon katanya, resep sambal cibiuk berasal dari Arab. Benar atau tidaknya informasi tersebut tidak perlu diperdebatkan dan dipersoalkan pada saat ini.

Yang harus diketahui, sambal cibiuk ini berbeda dengan jenis sambal lainnya karena dibuat dari bahan berupa tomat hijau, serawung, cabai hijau dan bumbu lainnya. Sambal cibiuk ini walaupun pedas, namun tidak akan menimbulkan rasa panas diperut.

Sambel Cibiuk merupakan makanan khas kota Garut persisnya di Kacamatan Cibiuk. Sambel ini sepintas tidak berbeda dengan sambel pada umumnya. Namun jika dilihat dari bahan dan rasanya, sambel cibiuk memiliki ke khasan rasa.

Ada mitos tentang sambel ini bahwa sepedas apapun rasanya, orang yang melahapnya tidak akan pernah sakit perut. Ada dua macam sambel Cbiuk yaitu sambel hijau dan sambel merah. Sambel merah terbuat dari bahan tomat merah, cabe merah, daun kemangi, gula, garam, bawang putih, bawang merah dan kencur.

Sedangkan sambel hijau terbuat dari bahan tomat hijau, cabe rawit yang masih hijau, daun kemangi, gula, garam, bawang putih, bawang merah, dan kencur.

Kadang-kadang di tambah terasi sedikit. Menurut kepercayaan orang Cibiuk, untuk membuat sambal Cibiuk dengan citra rasa yang asli terlebih dahulu harus menguasai mantra-mantranya.

Namun itu hanyalah sebuah mitos yang tentu saja kebenarannya tak bisa diterima logika yang terdidik dan terpelajar.Terlepas dari semua itu Sambal Cibiuk Garut memang sangat enak dan patut anda coba,bila belum merasakan unik dan khasnya rasa sambal ini
Makanan Khas Garut Sambal Cibiuk Makanan Khas Garut Sambal Cibiuk Reviewed by Situs Booking Hotel on June 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.