Oleh Oleh Khas Garut Kerupuk Kulit Dorokdok

loading...




Makanan yang seperti kerupuk yang menjadi ciri khas Garut adalah Dorokdok dan Kerupuk Kulit.Kedua peganan yang digoreng ini memang hampir sama rasanya,hanya lebih enak Kerupuk Kulit dan juga harganya lebih mahal dari Dorokdok Garut.Yang pasti penganan ini merupakan salah satu Oleh Oleh yang paling diburu dan dicari serta banyak peminatnya.

Oleh Oleh Garut yang terbuat dari kulit sapi ini memang sangat enak dan cukup leugit,menggigit  punya ras yang khas,berbeda dengan kerupuk biasa, dan harganya juga cukup tinggi bagi ukuran masyarakat umum.Para gadis cantik dan menarik sangat suka dengan dorokdok dan Kerupuk Kulit,begitu juga para janda yang menawan doyan Makanan Khas Garut yang sudah malang melintang sejak lama ini.

Jadi banyak juga Pengrajin Tas Kulit di kota ini membuat dan memproduksi kerupuk kulit dan dorokdok, sebab bahan dasarnya sama.

Garut juga terkenal dengan berbagai olahan yang terbuat dari kulit. Salah satunya adalah kerupuk kulit dan dorokdok khas Garut. Kerupuk kulit dan dorokdok adalah makanan tradisional khas Kota Garut yang rasanya tak ada duanya.

Makanan ini berkembang seiring dengan banyaknya penyamakan kulit di kabupaten Garut karena pada proses penyamakan ada bagian dari bahan baku kulit yang dibuang dan tidak diolah.

Kerupuk kulit dan dorokdok sejenis tapi tidak sama. Kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau asli pilihan, diracik dengan rempah-rempah asli Indonesia dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kunir, asam jawa, garam, gula merah, dan lainnya.

Adapun kerupuk dorokdok, atau orang menyebutnya dorokdok saja, terbuat dari kulit sapi pilihan. Proses pembuatan nya hampir sama dengan kerupuk kulit.

Kerupuk kulit Garut dan dorokdok sama sekali tanpa bahan pengawet dan diproses sangat higienis. Proses pengerjaan nya memakan waktu cukup lama, yaitu lima hari hingga satu minggu.

Sebagai salah satu makanan Khas Garut yang terkenal Kerupuk Kulit dan Dorokdok memang lezat rasanya.
Oleh Oleh Khas Garut Kerupuk Kulit Dorokdok Oleh Oleh Khas Garut Kerupuk Kulit Dorokdok Reviewed by Admin on June 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.