Wisata Danau Talaga Bodas

loading...
Menyimak Tempat Wisata di Garut memang sangat menarik, begitu banyak Aneka Ragam Tempat Wisata yang berada di Kota ini.Wisata di Garut yang bernama Danau Talaga Bodas ini memang merupakan Wisata Garut yang menarik untuk kita kunjungi pada masa liburan ini.

Aneka Ragam Objek Wisata di Indonesia, salah satunya berada di Kota / Kabupatena Garut, Jawa Barat.Satu demi satu, setahap demi setahap akan kami berikan data tentang Wisata di Garut ini.

Keindahan danau Talaga Bodas sesungguhnya telah di ketahui mulai sejak lama, sayangnya perbaikan akses menuju ruang Taman Wisata Alam Talaga Bodas baru memperoleh perhatian seputar awal 2013. Pada akhir 2013, perbaikan akses menuju Taman Wisata Alam Talaga Bodas sudah rampung dikerjakan. Akses yang diperbaiki serta sekalian jadi akses paling utama sampai saat ini yakni dari Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang pada awal mulanya adalah akses masuk terparah. Saat sebelum perbaikan akses menuju TWA Talagabodas, tempat wisata danau Talaga Bodas adalah wisata ketertarikan spesial.

Hal semacam ini sudah pasti lantaran sulitnya akses menuju TWA Talaga Bodas yang bakal berbanding lurus dengan ketersediaan moda transportasi serta sarana pendukung di seputar ruang Danau Talaga Bodas. Saat sebelum pembukaan akses dari Kecamatan Wanaraja diperbaiki, banyak pengunjung yang masuk dari perbatasan Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut dengan Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya lewat Karah Bodas (ruang geothermal punya PT. Pertamina) yang sebenarnya membutuhkan saat tempuh tambah lebih lama (seputar 2-3 jam) dengan jalan makadam serta medan yang berbukit.

Efek dari perbaikan aksesibilitas menuju TWA Talaga Bodas yang sudah rampung dikerjakan tampak dari meningkatnya jumah pengunjung dari sejak akhir 2013 serta semakin bertambah dimuka 2014. Sebagian sarana juga dibenahi, seperti ruang parkir yang lebih dikelola, warung-warung kecil yang mulai banyak berjejer, pembuatan pagar pembatas ruang danau dengan daratan, perbaikan serta pembuatan pipa-pipa dari sumber mata air di ruang seputar danau, sampai pembenahan pemandian air panas yang cukup populer di Talaga Bodas.

Danau Talaga Bodas dengan cara administratif ada di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat serta ada pada koordinat 7 12′ 34″, S 108 3′ 41″ E. Tempat Talaga Bodas ada lebih kurang 8 Km dari pusat Kecamatan Wanaraja, 20 Km dari Kota Garut, serta 83 Km dari Kota Bandung. Talaga Bodas adalah satu diantara daya tarik wisata yang ada di ruang yang diperuntukan juga sebagai Taman Wisata Alam (SK Mentri No : 98/KPTS/UM/1978) dibawah pengelolaan BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan tempat dibawah Kehutanan. Taman Wisata Alam Talaga Bodas mempunyai luas seputar 23, 85 Ha. Tempat Taman Wisata Alam Talaga Bodas itu sekalian pembatas geografis pada Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Garut.

Danau Talaga Bodas adalah danau vulkanik hasil dari letusan step ke-6 Gunung Talagabodas. Pada periode pada awal mulanya (periode letusan pertama sampai ke lima) sudah membuahkan Kaldera Talagabodas Tua dengan diameter 4, 5 Km, pembentukan Kawah Waktu di tengan Kaldera Talagabodas Tua, pembentukan kerucut dari letusan samping di seputar dinding Kaldera Talagabodas Tua (Gunung Canar, Piit, Lebakjero, Masigit), pembentukan kerucut dari letusan samping diluar dinding kaldera Talagabodas Tua (Gunung Beuticanar, Malang, Ciparay).

Danau Talaga Bodas pada awal terbentuknya adalah kawah yang berdiameter lebih kurang 2 Km yang lama kelamaan terisi air. Air yang isi kawah Gunung Talagabodas itu lalu melarutkan serta menutupi beragam material hasil letusan hingga membuahkan warna air yang putih seperti susu. Perihal ini pula sebagai asal mula penamaan Talaga Bodas. Luas Danau Talagabodas dari th. ke th. senantiasa alami penyusutan, Pengukuran pertama, yakni 1942, luas Talaga Bodas lebih kurang seputar 455. 000 m2 serta pada pengukuran paling akhir 1992, luasnya menyusut jadi seputar 150. 000 m2.

Bahkan juga, pada Februari 2013, nampak pulau-pulau yang memanjang kian lebih 50 m di dalam danau. Pendangkalan paling cepat berlangsung di Tenggara danau. Kedalaman danau dari hasil pengukuran pertama yakni seputar 10 m, serta selalu berlangsung pendangkalan sampai pengukuran paling akhir pada 1992 kedalamannya cuma seputar 2 m. Posisi danau Talaga Bodas ada pada ketinggian 1. 720 m atas muka laut serta ketinggian Gunung Talagabodas sekarang ini seputar 2. 201 m atas muka laut.

Daerah Kawah Talaga Bodas mempunyai temperatur rata-rata 24-26 derajat celsius per th., dengan curah hujan 1321 mm/th. dan penyinaran matahari yang tengah. Flora menguasai lokasi seputar Kawah Talaga Bodas berbentuk tanaman kebun seperti ; tomat, kol serta rumput ilalang. Keadaan lingkungan Kawah Talaga Bodas cukup baik dengan kebersihan serta bentang alam yang termasuk baik. Mengenai Batas administrasi dari lokasi TWA Talaga Bodas yaitu seperti berikut :

Utara : Desa Sukaurip

Barat : Desa Sindangmekar

Selatan : Desa Tenjonagara

Timur : Desa Tenjonagara

UNtuk yang berencana dan ingin bermain serta berwisata ke Objek Wisata Danau dan Gunung Talaga Bodas,Wanaraja Garut, anda bisa merasakan keindahan alam yang ada di kawasan tersebut.
Wisata Danau Talaga Bodas Wisata Danau Talaga Bodas Reviewed by Admin on December 28, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.