Oleh Oleh Khas Garut Jawa Barat

loading...





Burayot,Emplod atau Endog Lewo,Ladu,Ranginang,Surabi,Dodol Garut,Dorokdok dan Kerupuk Kulit merupakan sebagian dari Oleh Oleh Khas Garut yang sering dibeli orang di Toko Oleh Oleh Khas Garut terlengkap dan terbesar yaitu SBR 3.

Oleh Oleh Khas Garut Jawa Barat tentu saja bukan hanya yang kami sebutkan di atas, namun masih banyak lagi yang lain.Yang pasti Kota Garut yang sering didatangi wisatawan asing dan lokal memiliki sangat banyak kerajinan tangan, makanan dan ciri khas lain yang bisa kita jadikan Pusat Oleh Oleh Garut SBR 3 untuk diberikan kepada sahabat,kerabat dan teman dekat.

Tumbuh kembangnya produksi makanan khas yang dibuat orang dan Masyarakat Garut tak terlepas dari makin menariknya kota ini sebagai salah satu kota tujuan wisata di Jawa Barat selain Kota Bandung.

Para pembuat Oleh - Oleh Khas Garut semangat dan spirit untuk meningkatkan mutu produksinya semakin baik,sebab persaingan juga semakin ketat.Siapa yang bisa membuat makanan atau kerajinan tangan yang bermutu paling baik, tentunya akan laku dibeli para tamu yang datang ke kota ini.Baik yang sedang berlibur di keluarganya, apa lagi yang sedang berkunjung ke salah satu tempat, objek Wisata Garut yang tersebar di berbagai belahan kota ini.

Pengrajin Tas Kulit yang membuat berbagai macam Tas Kulit Asli di Sukaregang juga merupakan barang yang bisa dan banyak dijadikan oleh oleh tamu yang singgah di daerah ini.Namun yang paling banyak tentunya makanan khasnya, selain harganya bisa terjangkau semua orang, pilihannya juga banyak sekali.

Cemilan Khas Garut, Opak Bungbulang

Bahan dasar dari makanan ini adalah beras ketan. Cara pengolahan opak bungbulang adalah dengan dibakar di perapian. Dinamakan opak bungbulang karena makanan ini berasal dari daerah Bungbulang, Garut. Pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional menjadikannya aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet.

Oleh-Oleh Khas Garut, Chocodot

Cokelat dengan isi dodol ini tidak bisa lepas dari warisan kuliner Garut. Awal ditemukannya makanan ini adalah dari ketidaksengajaan menjatuhkan dodol ke dalam cokleat. Ketika dodol tersebut diambil dari cokelat dan dicicipi ternyata rasanya sangat enak. Jadilah produk chocodot yang merupakan singkatan dari chocolat dodol.

Chocodot merupakan oleh-oleh yang paling banyak dicari wisatawan saat datang ke Garut. Ada berbagai varian rasa yang tersedia yaitu milk chocolate, dark chocolate dan white chocolate.


Buah Khas Garut, Jeruk Garut

Di Garut, anda dapat menemukan banyak mobil pick-up yang menjual Jeruk Garut di pinggir jalan. Jeruk Garut sudah ditetapkan sebagai jeruk varietas unggul nasional. Bahkan Jeruk Garut ini sudah menjadi trademark dari Kabupaten Garut.

Oleh-Oleh Khas Garut, Ladu

Ladu ini hampir mirip seperti dodol namun tidak sekenyal dodol dan teksturnya agak kasar. Terbuat dari tepung ketan putih, gula merah dan kelapa parut. Rasanya manis tapi tidak terlalu manis seperti dodol. Di Garut, ladu yang terkenal adalah dari Kota Malangbong. Anda dapat mendapatkan ladu ini di beberapa toko oleh-oleh di Garut. Dijual dalam bentuk batangan atau kiloan.

Makanan Khas Garut, Emplod

Juga sering disebut dengan endog lewo yang berarti telur lewo. Bahan yang digunakan adalah singkong yang sudah digiling, diperas dan didiamkan selama 24 jam. Setelah didiamkan, singkong dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu-bumbu kemudian dibentuk bulat-bulat kecil. Setelah dibentuk bulat-bulat kecil, emplod digoreng hingga matang.

Oleh-Oleh Khas Garut, Angleng

Bahan yang digunakan dalam pembuatan angleng adalah beras ketan dan gula merah. Proses pembuatannya hampir sama dengan dodol hanya saja tidak dibuat seperti karamel. Angleng juga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat anda berkunjung ke Garut.
Keripik Khas Garut, Moring Garutan

Moring garutan merupakan keripik yang terbuat dari cimol. Moring sendiri merupakan singkatan dari cimol kering. Terdapat berbagai macam pilihan rasa seperti BBQ, keju, pedas dan masih banyak lagi.


Oleh-Oleh Khas Garut, Burayot

Makanan ini terbuat dari beras merah, gula aren dan kacang merah. Biasanya burayot dibentuk bulat pipih. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh yang ada di Garut. Kue ini biasa disajikan saat lebaran oleh masyarakat Garut.

Makanan Khas Garut, Dorokdok

Makanan yang satu ini terbuat dari kulit sapi yang diolah dengan menggunakan campuran bumbu rempah spesial. Yang membedakan dorokdok dengan kerupuk kulit pada umumnya adalah dari warnanya. Dorokdok memiliki warna yang lebih gelap. Rasanya yang gurih sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan.
Oleh Oleh Khas Garut Jawa Barat Oleh Oleh Khas Garut Jawa Barat Reviewed by Admin on June 12, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.