Oleh Oleh Khas Garut Emplod Endog Lewo

loading...



Banyak kali macam Oleh Oleh Garut ini bah.Salah satunya adalah Emplod atau endog lewo Dan banyak yang suka akan makanan ringan yang rasanya cukup enak juga..Walaupun agak keras  ketika kita gigit,bagi yang giginya sudah tanggal dan kurang kuat, namun ternyata makanan yang satu ini banyak penggemarnya di Kota Garut sendiri.

Oleh Oleh Khas Garut Jawa Barat ini pasti ada di toko kue, atau Pusat Oleh Oleh Garut yang betebaran di kota ini. Hampir bisa dipastikan orang yang belanja peganan asli kota ini, membeli barang atau makanan yang satu ini.

Garut memiliki banyak kuliner khas selain Dodol, kue itu bernama Emplod atau Endog Lewo.  Kue ini mirip dengan Endog atau yang diartikan sebagai telur yang terbuat dari singkong. 
Asal-usul kue ini barasal dari Kampung Lewo, tepatnya di Kampung Cicadas, Desa Sukajaya, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut.  Oleh karena itu maka dinamakan Endog lewo, namun masyarakat tersebut lebih mengenalnya sebagai Emplod.

Kue ini mulai populer sejak awal tahun 1980-an, yang pada mulanya ingin memanfaatkan singkong yang tak terserap oleh pabrik tapioka yang berada di daerah tersebut, maka warga sekitar berinisiatif untuk mengolah bahan tersebut untuk menjadi makanan yang dapat dikonsumsi, sehingga terciptalah Emplod atau EndogLewo

Proses pembuatan Endog Lewo terbilang mudah, bahan dasarnya  dari singkong jantung (di daerah asal makanan ini disebut sampeu jantung). Singkong ini besifat beracun apabila tidak diolah secara benar, untuk menghilangkan sifat racun tersebut maka singkong ini haruslah di giling dan setelah itu dihilangkan sari patinya dengan cara diperas selama kurang lebih 24 jam. Hal ini supaya sari pati yang mengandung racun benar-benar terbuang dan setelah itu dapat diolah menjadi Endog Lewo.

Anda ingin mengetahui resep, danmelestarikan kuliner khas Garut dengan  mencoba memasaknya di dapur anda? Silahkan lihat uraian berikut ini :

Bahan Baku :
Singkong 1/2 Kg (digiling diperas dan diamkan dulu selama 24 jam)
Bawang putih 1 siung (dihaluskan)
Daun bawang 1 batang (dipotong-potong)
Garam 1 sendok teh
Kelapa parut 1/4 Butir
Minyak goreng
Cara Membuat Endog Lewo
Pertama kukus singkong bersama dengan parutan kelapa, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk
Campurkan garam, bawang putih dan daun bawang hingga merata
Siapkan wadah kemudian pipihkan adonan diatas, dan potonglah menjadi beberapa bagian sesuai selera dan dibentuk bundar
 Kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan
 Hidangkan

Itulah makanan khas Kota Garut yang bernama emplod atau endog lewo yang namanya sekarang ini semakin terkenal diantara para turis yang belanja Oleh Oleh Khas Kota Garut Jawa Barat.
Oleh Oleh Khas Garut Emplod Endog Lewo Oleh Oleh Khas Garut Emplod Endog Lewo Reviewed by Admin on June 12, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.