UN 2020 Dihapus

loading...
Setelah dikaji secara mendalam akhirnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan untuk membatalkan Ujian Nasional atau UN 2020 Dihapus, untuk seluruh jenjang Pendidikan dari tingkat dasar, hingga menengah atas.Keputusan tersebut sebagai bagian dari sistem respons pandemi Covid-19, yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat. Seperti yang telah disampaikan bahwa sistem respons Covid-19 harus menyelamatkan kesehatan rakyat, daya tahan sosial dan dunia usaha.

"Peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing (pembatasan sosial) untuk memotong rantai penyebaran Virus Corona SARS 2 atau Covid-19," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman kepada wartawan, Selasa (24/3/2020).

Mendikbud Nadiem Makarim pun menanggapi keputusan untuk menghapus UN 2020. Menurutnya keputusan tersebut demi melindungi keamanan dan kesehatan para siswa.

"Prinsip dasar Kemendikbud adalah keamanan dan kesehatan siswa-siswi kita dan keamanan keluarga siswa-siswi itu kalau melakukan UN di dalam tempat-tempat pengujian bisa menimbulkan risiko kesehatan," kata Mendikbud Nadiem melalui video kompres, Selasa (23/3/2020).

Resmi, Ujian Nasional 2020 untuk SD, SMP, SMA sederajat dihapus, Nadiem Makarim dan DPR RI sepakat.Wabah Virus Corona atau covid-19 membuat Ujian Nasional 2020 tak bisa dilaksanakan.Mendikbud Nadiem Makarim dan Komisi X DPR RI resmi menghapus Ujian Nasional 2020.


Keputusan ini diambil setelah Komisi X DPR RI dan Nadiem Makarim menggelar rapat secara online.Penyebaran wabah Virus Corona ( covid-19) di ujung masa akhir tahun pelajaran menimbulkan simalakama bagi pemerintah.Saat ini tengah dikaji berbagai opsi ujian bagi siswa tingkat dasar dan menengah sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kelulusan siswa.


Termasuk menggunakan nilai raport.

“Dari rapat konsultasi via daring (online) antara anggota Komisi X dan Mendikbud Nadiem Makarim, maka disiapkan berbagai opsi untuk menentukan metode kelulusan siswa.

Salah satunya dengan nilai kumulatif dalam raport,” ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin malam (23/3/2020).

Dia menjelaskan, rapat konsultasi menyepakati yang digelar Senin malam menyebutkan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional 2020 (UN) dari tingkat SMA, SMP, hingga SD ditiadakan.
UN 2020 Dihapus UN 2020 Dihapus Reviewed by Admin on March 24, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.