Tempat Wisata di Jawa Timur

loading...
Info dan sharing tentang Tempat Wisata dan Hotel akan terus kami berikan lewat website http://objekwisatatempat.blogspot.com/ yang berbagi informasi mengenai Tempat Wisata yang ada di Indonesia dan juga hotel nya..

Selalu menyempatkan diri berwisata ke tempat bersejarah yang ada di sana,yaitu Tempat Wisata di Jawa Timur.Karena objek wisata tersebut membuat kita merasa senang dan layak kita kunjungi.
Tempat Wisata apa saja yang banyak menarik minat wisatawan atau turis lokal dan luar itu? Kami berikan info serta datanya di bawah ini.Sambil anda bandingkan dengan Tempat Wisata di Pulau Madura, yang telah kami tulis sebelumnya. Jawa Timur banyak memiliki Objek Wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi.

Wisata Jawa Timur provinsi yang beribukota Surabaya ini merupakan Kota terbesar No. 2 di Indonesia. Budaya, Sejarah dan Alam yang bervariasi merupakan salah satu pendukung terciptanya Tempat – Tempat Wisata yang menarik di Provinsi Jawa Timur. Pusat kota Surabaya terlctak di kawasan Jl. Pemuda ke arah Barat mulai dari stasiun kereta api Gubeng, Plaza Surabaya dan sejumlah bank dan hotel-hotel besar. Jl. Pemuda ini akan bertemu dengan Jl. Tunjungan/ Basuki Rahmat yang juga merupakan jalan bisnis utama dimana disini anda akan menemukan Tunjungan Plaza.

Kawasan kota tua Surabaya berpusat di sekitar kawasan Jembatan Merah dan stasiun kereta api kota ke arah Utara, jika terus ke Utara kita akan menemukan pelabuhan kapal laut Tanjung Perak. Kebun binatang Surabaya terletak 5 km dari pusat kota, sedangkan terminal bis utama Surabaya berada di pinggir kota, lebih kurang 10 km dari pusat kota ke arah Selatan.

 Kota Tua Surabaya merupakan bagian yang paling menarik untuk dijelajahi karena disini banyak terdapat bangunan-bangunan tua berarsitektur Balanda berdampingan dengan bangunan-bangunan berkarakter Cina yang kuat, disini terdapat Kampung Arab. Namun sayangnya kawasan yang memiliki peninggalan budaya yang berharga ini tidak dirawat secara serius, bahkan cenderung dibiarkan tidak terurus, upaya yang telah dimulai untuk memperbaikinya tidak optimal.

Kawasan Jembatan Merah terkenal sebagai salah satu arena pertempuran di masa perjuangan kemerdekaan. Disinilah komandan militer Inggris Brigadier Mailaby. terbunuh dalam pertempuran melawan pejuang kemerdekaan. Di kawasan ini banyak terdapat gedung-gedung tua dengan arsitektur Belanda, salah satu yang paling mengesankan adalah Gedung PTP XXI milik pemerintah yang terletak di Jl. Merak Cendrawasih, tidak jauh dari Jl. Jembatan Merah.

Namun daya tarik utama dari kawasan kota tua Surabaya adalah Masjid Ampel yang terletak di tengah Kampung Arab yang terletak tidak jauh dari pasar Pabean dan rumah ibadat Kong Co Kong Tik Cun Ong ke arah utara di kawasan yang penuh dengan para tukang becak. Bagian dalam Masjid Ampel, Terletak di Jl. Ampel Suci melalui sebuah pintu gerbang melengkung dari batu yang terletak di mulut jalan. Di masjid Ampel terdapat makam Sunan Ampel, salah satu wali songo yang menyebarkan Islam di pulau Jawa dan dimakamkan pada tahun 1481 yang terletak di belakang masjid ini dan banyak peziarah datang dari berbagai kota dan negara tetangga.

Kebun Binatang Surabaya terletak di Jl. Ponegoro yang berjarak 4 km ke arah Selatan dari jalan Pemuda. Kebun binatang ini banyak memiliki koleksi binatang malam, aneka burung dan ikan dengan kandang yang luas sehingga binatang merasa bebas. Disini terdapat binatang langka Komodo yang menjadi primadona diantara para pengunjung kebun binatang. Kebun binatang buka dan jam 7-16 dengan karcis masuk Rp 2.000 Pengunjung sangat ramai pada hari Minggu dan acara hiburan biasanya digelar pada sore harinya.

Museum Mpu Tantular letaknya di depan kebun binatang Surabaya ini dan memiliki koleksi menarik berupa barang-barang peninggalan kerajaan Majapahit. Bangunan museum ini memiliki gaya arsitektur Belanda yang lumayan bagus. Museum dibuka Senin sampai Jum'at dari jam 8-14, dan sabtu dari jam 7-13.

Monumen Kapal Selam adalah kapal selarn yang dijadikan monumen. Kapal ini berasal dari Rusia yang menjadi rnilik dari Angkatan Laut Indonesia dan beroperasi pada tahun 1962. Gresik yang terletak di utara Surabaya, lebih kurang 16 km, memiliki beberapa komplek pemakaman yang dianggap keramat dan obyek wisata di daerah Gresik identik dengan sejarah penyebaran agama Islam di Jawa Timur, obyek wisata itu antara lain Makam Sunan Giri yaitu salah seorang wali penyebar Islam yang mendirikan pesantren di Bukit Giri, Gresik.

Penyebar Islam lainnya yang terkenal yang terdapat di Gresik adalah makam Malik Ibrahim yang wafat pada tahun 1419. Batu dihias dengan kaligrafi huruf Arab yang indah. Malik Ibrahim seorang ulama dari Samudera Pasai. Ia menerap di Gresik, dan sambil berdagang ia mernbangun pesantren dan menyebarkan syiar Islam dikalangan penduduk.

Pada masa itu syiar Islam telah berhasil masuk menyusup ke ibukota kerajaan Majapahit. Di dalam kompleks makam di Leran (Gresik) terdapat makam Fatimah binti Maimun merupakan kuburan Islam paling tua di Jawa, kompleks makam ini terkenal dengan sebutan Makam Panjang karena di dalam area pemakaman tersebut sebagian besar kuburannya dibuat sangat panjang melebihi ukuran makam sekarang.

Pandaan terletak 40 km dari Surabaya ke arah Selatan mengikuti jalan menuju Tretes. Tidak jauh dari Pandaan -sebelum rnencapai Prigen-terdapat Candi Jawi yang merupakan candi Hindu peninggalati abad ke 14 yang dibangun untuk menghormati raja Kertanegara. Sebuah stupa Budha kemudian ditambahkan dalam pembangunan candi ini.

Di Pandaan terdapat Klub Taman Dayu yang merupakan tempat wisata dan peristirahatan. Tempat ini merupakan perpaduan antara rekreasi olahraga dan perisitirahatan bagi vvisatawan. Di sini tersedia lapangan golf bertaraf internasional yang memiliki 18 hole yang dirancang oleh Jack Nichlaus. Fasilitas lain yang tersedia adalah tempat bermajn anak-anak, splash waterpark, bar dan rumah peristirahatan. Prigen menjadi lokasi Taman Safari Indonesia II, suaka margasatwa yang memiliki luas 295 hektar dan menampung berbagai jenis binatang liar seperti singa, barimau, banteng, komodo, badak, bison yang hidup bebas di alam terbuka.

Dalam kawasan ini pengunjung dapat menyaksikan kehidupan hewan dari dalam kendaraan yang dapat dibawa masuk ke dalam kawasan taman selain itu terdapat juga atraksi sirkus gajah dan fasilitas rekreasi lainnya seperti taman rekreasi anak, roller coaster, kereta api mini dan lain-lain. Taman Anggrek Sien adalah taman anggrek yang mengoleksi berbagai jenis bunga anggrek dan tanaman hias, lokasinya berada di Prigen.

Di sini para wisatawan dapat melihat keindahan bunga anggrek dan sekaligus dapat membelinya scbagai cindera mata. Gua Istana Maharani berada di kabupaten Lamongan, Jawa Timur merupakan gua dengan ornamen stalakmit dan stalaktit yang bertebaran di seluruh ruangan gua yang memiliki luas 2.000 meter dan kedalaman sekitar 25 meter. Batu stalaktit dan stalakmit di goa ini diperkirakan tumbuh satu sentimeter setiap 10 tahun.

Berbagai bentuk ornamen, batu-batuan dan langit-langit tersebut tampak indah, kokoh dan rnenyirnpan misteri. Konon gua ini merupakan salah satu goa yang terbaik di Indonesia. Gua ini terletak di Tanjung Kodok. Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, lebih kurang 40 km sebelah Barat Surabaya. Lokasi ini mudah di jangkau karena berada di pinggir jalan raya yang cukup padat lalu lintasnya.

Tuban adalah sebuah kota tua yang terletak di pantai Utara Jawa Timur, 88 km Barat Laut Gresik. Sebagai kota tua Tuban memiliki banyak nilai sejarah dan budaya namun juga memiliki keindahan alam berupa pantai, gua dan hutan jati. Salah satu obyek wisata yang terkenal di Tuban adalah Gua Akbar yang berlokasi di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, sekitar 1 km dan pusat kota Tuban. Gua ini memiliki ruangan yang sangat luas dimana pengunjung tanpa terasa dapat menyusuri lorong gua sepanjang 1.200 meter.

Gua lainnya adalah Gua Ngerong yang berlokasi sekitar 30 km dari kota Tuban yang diyakini sebagian masyarakat setempat menyimpan misteri. Klenteng Kwan Sing Bio di Tuban konon adalah klenteng terbesar di Asia Tenggara sehingga umat yang datang beribadah berasal dari berbagai negara tetangga. Kelurahan Kutorejo terdapat Makam Sunan Bonang, salah seorang Wali Songo, penyebar agama Islam di Jawa. Setiap hari makam Sunan Bonang ramai dikunjungi para peziarah baik dari dalam maupun luar negeri. Pemandian Bektiharjo berlokasi di Desa Bektiharjo, Kec. Semanding, sekitar 5 km dari pusat kota Tuban.

Pemandian sumber air alami ini memiliki lingkungan yang teduh dan sejuk serta dihuni ratusan satwa kera. Air terjun Nglirip berlokasi di Desa Jojogan, Kec. Singgahan, sekitar 36 km dari pusat kota Tuban. Percikan air yang jatuh dari ketinggian hampir 25 meter ini dipadu dengan panorama hutan jati serta perbukitan vang masih alami akan memberikan rasa kesejukan dan ketenangan.

Tretes terletak di sebuah bukit pada lereng Gunung Arjuna dan Welirang dengan ketinggian sekitar 800 meter dari atas permukaan laut. Tretes dikenal karena udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang bagus. Di kawasan ini terdapat beberapa air terjun antara lain air terjun Kakek Bodo, Putuh Truno dan Alap-alap. Jika anda suka melakukan perjalanan mendaki bukit atau treking, dari sini anda dapat berjalan menuju ke Lalijiwo dan Gunung Arjuna. Gunung Arjuna dan Lalijiwo merupakan cagar alam yang rneliputi Gunung Arjuna (3.339 m), gunung api yang tidak aktif, Gunung Welirang (3.156 m) yang agak aktif dan dataran tinggi Lalijiwo di lereng Gunung Arjuna.

Wisatawan dapat melakukan pendakian ke puncak Gunung Welirang yang dimulai dari taman rekreasi Kakek Bodo di Tretes Kawasan wisata Kakek Bodo merupakan kawasan hutan wisata yang masih asli dan dikelilingi oleh hutan pinus, akasia. kaliandra serta mahuni. Di dalam area ini juga terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian 40 meter dan jalur hutan yang indah. Gunung Penanggungan (1.650 rn) merupakan gunung suci bagi penganut agama Hindu. Disini terdapat tidak kurang dari 81 sisa candi Hindu yang tersebar di lereng gunung.

Menurur legenda, gunung ini merupakan puncak dari gunung Mahameru yang terlepas dan jatuh pada posisinya yang sekarang ini ketika gunung Mahameru dibawa pindah dari India ke pulau Jawa. Para penganut agama Hindu banyak yang mendaki untuk berziarah ke puncak gunung ini. Dalam perjalanan ke puncak para peziarah akan berhenti untuk mandi pada sumber rnata air suci Jolotundo dan Belahan yang dihiasi dengan patung-patung Hindu.

Namun kedua tempat ini agak sulit untuk dicapai. Trowulan terletak 80 km dari Surabaya ke arah Barat Laut antara Mojokero dan Jombang adalah sebuah desa dimana dulunya terletak ibukota kerajaan Majapahit, kerajaan Hindu terbesar dalam sejarah Indonesia. Di kawasan ini dapat ditemukan sisa-sisa peninggalan kerajaan Majapahit yang terletak menyebar di sekitar Desa Trowulan yang berjarak 12 km dar jl. Mojokerto.

Peninggalan kerajaan Majapahit ini dapat menggambarkan kejayaan kerajaan itu pada zamannya. Candi-candi peninggalan majapahit yang terdapat di tempat ini terbuat dari susunan batu bata merah yang tarnpaknya tidak kuat menahan perputaran waktu sehingga kondisinya agak rusak. Upaya merestorasi sebagian candi ini sudah dilakukan yang hasilnya menampakkan candi yang secara umum memiliki bentuk lebih sederhana dibandingkan dengan kerumitan dari candi-candi yang terdapat di Jawa Tengah seperti Borobudur.

Peninggalan Majapahit yang paling menarik yang terdapat di kawasan Trowulan antara lain Kolam Segaran yang merupakan sebuah kolam renang kerajaan, Bajang Ratu yang merupakan pintu gerbang dengan hiasan kepala Batara Kala dan candi Siti Inggil dengan makam Raja Wijaya. Di kawasan ini dibangun sebuah paviliun terbuka Pendopo Agung dan lebih kurang 2 km dari pavilion ke arah Selatan terdapat Pemakaman Troloyo yang merupakan kuburan islam tertua yang ada di Jawa bertahun 1376 masehi. Sekitar 1 km, dari jalan raya Surabaya-Solo, terdapat Museum Trowulan yang menyimpan patung-patung peninggalan Majapahit yang sangat bagus juga barang-barang pecah belah dari Jawa Timur.

Di museum ini terdapat patung raja Kediri, Airlangga, yang digambarkan sebagai Dewa Whisnu yang tengah menunggang burung Garuda besar. Selain penjelasan mengenai peninggalan Majapahit di Trowulan, museum ini juga menjelaskan mengenai sisa-sisa peninggalan masa lampau yang terdapat di tempat-tempat lain di Jawa Timur. Museum ini buka setiap hari dari jam 7-16. kecuali hari Senin atau hari libur.

Itulah Objek Wisata di Jawa Timur yang banyak didatangi wisatawan lokal dan juga luar negeri.
Tempat Wisata di Jawa Timur Tempat Wisata di Jawa Timur Reviewed by Anonymous on September 08, 2013 Rating: 5

1 comment:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Powered by Blogger.