Makanan Oleh Oleh Khas Sumedang

loading...


Kota Sumedang memiliki ciri khas tersendiri ,salah satunya adalah makanan khas Sumedang yang layak dan pantas dijadikan Oleh Oleh Khas.Karena memang berbeda dengan yang ada di daerah lain,seperti juga Oleh Oleh Khas Garut.Makanan tradisional atau kerajinan tangan apa yang termasik dari Ciri khas Kota Sumedang itu?

Waktu bermalam di salah satu Hotel di Sumedang, kami mencoba mencari info dan data yang jelas dan lengkap tentang oleh Oleh Khas Sumedang yang paling populer dan terkenal di kota tersebut.

1. Tahu Sumedang

Yups, tahu Sumedang memang oleh-oleh khas Sumedang yang tidak boleh kita lewatkan ketika kita sedang berkunjung ke Sumedang. Tak berbeda jauh dengan proses pembuatan tahu pada umumnya, tahu Sumedang juga dibuat dari hasil olahan kacang kedelai. Hanya saja, berdasarkan warisan resep turun-temurun sejak tahu Sumedang pertama kali dicitpakan, air Sumedang dipercaya memberi ciri khas alamai sehingga tahu menjadi lebih nikmat, renyah diluar, bertesktur lembut di bagian dalam dan terasa gurih terutama jika dinikmati selagi masih hangat.


2. Ubi Cilembu
Ubi ini berbeda dengan jenis ubi pada umumnya, ubi cilembu atau yang disebut juga dengan ubi madu merupakan panganan khas asal Sumedang yang berpusat di kecamatan Pamulihan, Tanjungsari. Ubi cilembu asalnya dari bumi Sumedang. Bahkan menjadi salah satu produk unggulan bagi pemerintah kabupaten Sumedang. Ubi cilembu ini memiliki keunikan menghasilkan getah yang akan meleleh dan terasa manis serta lengket seperti madu saat dipanggang dalam oven. Ubi ini juga sangat manis dan pulen, berbeda sekali dengan ubi pada umumnya.


3. Tape Singkong
Tape singkong atau yang dikenal dengan peyeum sampeu merupakan penganan khas asli Sumedang berbahan dasar ketela pohon (singkong). Meskipun makanan satu ini telah populer seantero Priangan, namun tape singkong yang kebanyakan dihasilkan para pengusaha daerah Cigendel sengaja dibuat menggunakan pilihan singkong terbaik seperti singkong mangu dan mentega sehingga menghasilkan cita rasa tak tertandingi dalam pembuatan tape singkong. Tambah lagi, kini tape singkong telah berinovasi dengan beragam rasa dan kemasan menarik yang layak coba dan cocok dijadikan oleh-oleh khas Sumedang.


4. Salak Bongkok
Buah salak ini memiliki cita rasa yang sangat khas yang menjadikannya layak jadikan list pertama ketika Anda berkunjung di kota ini. Rasanya yang manis asam dan menyegarkan menjadikan salak Bongkok tidak kalah lezat dengan salak pondoh. Ukurannya sedikit lebih besar dan yang membuat berbeda dengan salak lain adalah aromanya yang wangi.
Buah ini hanya dapat ditemui di wilayah Desa Bongkok Kabupaten Sumedang. Jika ingin membelinya, silahkan lewati jalan raya Bandung-Cirebon. Di sana Anda akan menemukan banyak penjual salak bongkok.

5. Opak Ketan
Opak ketan merupakan salah satu makanan khas Sumedang yang terkenal di daerah Priangan. Meskipun beragam pilihan opak umum ditemui di pasaran Jawa Barat, namun hanya segelintir pusat pembuatan opak ketan Sumedang yang terkenal lezat. Beberapa diantaranya adalah opak ketan khas Sumedang yaitu opak Conggeang dan opak Cimanggung.

Opak Conggeang unggul dengan sari kelapanya yang khas, beras ketan pilihan, dan proses pembuatan sempurna sehingga meninggalkan rasa takterlupakan di lidah. Bahkan sebagai sentra pembuatan opak, daerah Conggeang memiliki tugu opak yang didirikan di pertigaan jalan

Conggeang-Buah Dua-Ujungjaya, Sumedang. Sama lezatnya dengan opak Conggeang, opak Cimanggung yang dulunya merupakan penganan favorit para raja dan bangsawan di kerajaan Sumedang Larang juga memiliki ciri khas menggunakan air santan kelapa dan melalui proses pembuatan yang tidak mudah hingga mampu menghasilkan opak berkualitas.

Bila anda berkunjung dan berwisata ke Sumedang, jangan lupa untuk membawa dan membeli Makanan tardisonal Sumedang yang terkenal buat buah tangan atau oleh oleh Khas yang kita berikan kepa kolega atau keluarga di rumah.
Makanan Oleh Oleh Khas Sumedang Makanan Oleh Oleh Khas Sumedang Reviewed by Situs Booking Hotel on June 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.